Thursday, September 3, 2009

Fish Theraphy

Fish therapy adalah salah satu jenis refleksi spa di kolam yang berisi ikan khusus, yaitu Nibble Fish - Dr.Fish (Garra Rufa Obtusa). Terapi ini dikatakan sangat efektif dalam proses penyembuhan kulit, peredaran darah, dan membuat kulit menjadi lebih halus.

Hubungan simbiosis mutualisme antara manusia
dengan Dr.Fish telah terjadi lebih dari 100 tahun yang lalu, dimana Dr.Fish membutuhkan kulit mati manusia untuk dikonsumsi dan manusia membutuhkan Dr.Fish untuk membuang kulit mati agar terjadi regenerasi pada kulit.

Dr.Fish ditemukan satu dekade yang lalu di Kangal, Turki. Sebelumnya tidak pernah di ekspor ke luar negeri sampai suatu ketika tim dari Medical University of Vienna (salah satu universitas penelitian medik terbesar di Austria, German) meneliti ikan ini dan hasilnya diumumkan oleh Oxford University Press yang membuat ikan tak bergigi ini menjadi sangat popular.

Setelah nama Dr.Fish menjadi popular, banyak para pengusaha yang membuka terapi spa memanfaatkan nama Dr.Fish namun menggunakan jenis ikan yang berbeda, yaitu Kiss-Kiss / Chin-Chin Fish (Tilapia).

Bagi anda yang tertarik dengan perbandingan kedua ikan tersebut dan dapat membaca dalam bahasa Inggris, silahkan klik disini untuk perbandingan antara Dr.Fish dengan Kiss-Kiss Fish.

No comments:

Post a Comment